Cara Memasang Piston Ke Blok Motor 2 Tak

merawat-piston-mini-motor

minimotor.co.id – Piston merupakan bagian utama mesin yang bekerja didalam silinder blok untuk menghasilkan tenaga mesin dari proses pembakaran. Piston terbuat dari bahan yang harus kuat menahan ledakan namun juga harus ringan, serta tahan terhadap suhu tinggi. Maka dari itu, piston dan ring piston harus mendapatkan perawatan secara berkala atau rutin.

Pemeriksaan berkala dilakukan untuk membersihkan karbon dari gas yang tidak habis terbakar dalam mesin yang tertinggal sehingga menumpuk menjadi karbon. Jika jumlah karbon sudah terlalu banyak, maka tekanan kompresi menjadi sangat tinggi. Hal ini akan membuat mesin cepat panas dan timbul pembakaran awal (pre ignition).

Sistem mesin motor mini Yang menggunakan tarikan untuk menyalakan mesin tidak menggunakan oli mesin seperti mesin 2 tak atau 4 tak pada umumnya. Jadi perlu lebih diperhatikan lagi ketika mencampur oli samping dan bensin, karena piston hanya mengandalkan oli campur tersebut. Langkah pemeriksaan dan perawatan piston dan ring piston :

  1. Bongkar kepala silinder dari blok mesin
  2. Lepaskan karburator dari silinder blok dengan melepas baut -baut pengikatnya
  3. Lepaskan silinder blok dari bak transmisi dengan melepas baut – baut pengikatnya.
  4. Lepas piston dari stang piston ( stang seher) dengan melepas pen piston terlebih dahulu.
  5. Bongkar ring piston dari dari piston.
  6. Periksa keadaan piston terhadap goresan atau kotoran berupa karbon. Jika ada luka goresan yang terlalu dalam, maka piston harus di over size. Jika piston kotor karena karbon yang menumpuk, bersihkanlah dengan amplas halus. Dalam melakukan pengampalasan haruslah berhati – hati agar tidak menggores sisi piston yang lainnya.
    Bersihkan juga alur – alur dari ring piston di piston dengan cara mengamplasnya.
  7. Pasang kembali ring piston pada piston. Perhatikanlah cara pemasangannya ! Celah ring piston tidak bileh segaris dengan pen piston. Ring piston juga harus terpasang sesuai dengan nomor urutnya dan tulisan pada ring piston ini harus menghadap ke atas. Nomor urut ring piston ini tertera pada ring piston tersebut.
  8. Pasang kembali piston pada stang piston dengan memasang pen piston. Perhatikanlah tanda panah pada permukaan atas piston. Tanda panah ini harus menghadap ke depan untuk mesin yang posisi tegak, dan menghadap ke bawah mesin yang mendatar.
  9. Pasang kembali silinder blok ke bak tranmisi. Hati – hatilah dalam pemasangan silinder blok Jangan sampai ring piston terjepit, karena dapat patah bila terjepit. Bila sudah terpasang , putarlah crankshaft sehingga piston bergerak naik turun, untuk memastikan bahwa pemasangan sudah baik.
  10. Pasang kembali kepala silinder pada blok silinder. lalu kencangkan mur pengikatnya
  11. Pasang kembali rantai keteng dan sprocket camshaft. Perhatikanlah tanda pada sprocket camshaft harus segaris dengan tanda garis di kepala silinder, sementara tanda T pada rotor magnet harus segaris juga dengan tanda pada bak magnet.
  12. Terakhir,Pasang kembali karburator pada silinder blok. Lalu hidupkan mesin

Jika kondisi piston sudah aus, lebih baik segera ganti dengan yang baru. Jika dipaksakan maka komponen lain akan cepat aus juga. [ semoga bermanfaat ]

Index : ring piston, cara merawat piston, piston set, otomotif, motor mini, mesin 2 tak

FUNGSI-OLI-2-TAK

minimotor.co.id – Oli motor 2 tak sering disebut oli samping, karena biasanya tabung untuk menyimpan oli 2T ini berada pada bagian sisi atau samping motor. Bagian silinder mesn 2 tak yang ikut melakukan proses hisap dan juga proses buang, maka oli samping yang ikut melumasi bagian silinder akan ikut terbakar dan akan habis, sehingga perlu diganti secara rutin untuk mengoptimalkan pelumasan.

[ Baca Juga : perbedaan mesin 2 tak dan mesin 4 tak ]

Oli samping merupakan nyawa dari mesin 2 tak. Karena oli samping merupakan oli yang ikut terbakar dan juga akan habis, sehingga ketika oli samping sudah habis, otomatis proses pelumasan pada piston tidak akan terjadi, sehingga akan menyebabkan piston menjadi macet dan akhirnya merusak bagian dinding silinder. Karena itu, oli samping memiliki peran vital pada engine 2 tak, fungsi dari oli samping adalah sebagai berikut :

Fungsi pelumasan , Fungsi pertama dari oli samping pada engine 2 tak adalah fungsi pelumasan. Oli samping merupakan oli yang langsung masuk ke dalam silinder dan juga head dari engine 2 tak. Fungsi utamanya adalah untuk memberikan pelumasan pada bagian silinder. Bagian silinder adalah bagian yang memiliki gesekan yang sangat cepat, kuat dan dilakukan dalam waktu yang sangat lama, sehingga untuk mengoptimalkan gesekan yang tejadi pada bagian silinder, maka dibutuhkan pelumasan yang optimal.

Menjaga agar bagian silinder dan head performanya terjaga , Fungsi berikutnya dari oli samping pada mesin 2 tak adalah untuk mejaga performa bagian silinder dan juga head. Seperti kita ketahui, silinder dan juga bagian head membutuhkan proses pelumasan yang optimal, sehingga piston atau seher tidak mengalami kemacetan, yang  dapat mengganggu performa dari mesin 2 tak.

Mempengaruhi performa mesin 2 tak , Oli samping merupakan jenis oli yang bisa dilakukan penyetingan atau penyetelan. Artinya, tingkat keborosan dari seuatu oli samping, serta jenis oli samping yang digunakan bisa kita sesuaikan dengan spek dan juga kebutuhan motor. Semakin baik kualitas oli samping, serta semakin pas penyetelan jumlah oli samping yang ikut masuk ke dalam silinder dan terbakar, maka performa dari mesin 2 tak akan menjadi semakin optimal dan juga sempurna.

Kesalahan dalam penyetelan dan kualitas oli samping yang buruk dapat menyebabkan mesin menjadi ngebul, jelaga atau carbon menumpuk pada bagian head dan kepala piston, serta mesin menjadi lebih boros, baik dalam penggunaan BBM maupun penggunaan oli sampingnya.

Mencegah keausan pada bagian silinder , Jika kehabisan oli samping dapat berakibat sangat fatal. Jika 2 tak bekerja tanpa menggunakan oli samping, akan menghancurkan bagian silinder, seperti baretnya dinding silinder, ring piston yang aus, serta kruk as yang semakin aus. Untuk mencegah terjadinya hal ini, maka oli samping sangat penting dan harus dicek kadarnya, serta penyetelannya, agar tidak menyebabkan bagian-bagian mesin menjadi aus dan rusak.

Sebagai pengharum , Mesin 2 tak adalah produsen polusi tertinggi. Asap yang keluar, sebagai hasil dari proses pembakaran oli samping tidak jarang sangat mengganggu orang. Nah, beberapa produsen oli samping menambahkan sedikit parfum ke dalam produknya, agar asap dan hasil pembuangan mesin 2 tak menjadi lebih wangi, dengan jumlah asap yang sedikit, sehingga tidak mengganggu orang lain.

Search Index : oli samping, oli 2 tak, motor 2 tak,fungsi oli, oli mesin, asap kendaraan, pelumas kendaraan, mesin 2 tak

CARA-KERJA-MESIN

perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak dilihat dari cara kerjanya. Beberapa perbedaan cara kerja mesin 4 tak dan 2 tak selengkapnya dibawah ini :

Langkah Kerja Motor 4 Tak

mesin motor 4 tak

1. Siklus pertama adalah langkah isap. Pada tahap ini, piston akan bergerak dari TMA atau Titik Mati Atas. Pergerakannya akan melaju hingga ke TMB atau Titik Mati Bawah. Hal ini akan menyebabkan campuran udara dan bahan bakar akan masuk bersamaan ke ruang bakar mesin motor tersebut.

2. Siklus kedua adalah langkah kompresi. Pada tahap ini, piston bergerak lagi menuju ke Titik Mati Bawah ke Titik Mati Atas. Pada saat proses tersebut kedua katup dalam posisi menutup. Udara yang masuk akan ditekan. Hal tersebut akan menimbulkan tingkat kompresi yang tinggi. Busi pun akan memercikan bunga api.

3. Siklus ketiga adalah langkah usaha. Pada langkah ini, piston akan bergerak dari Titik Mati Atas menuju ke Titik Mati Bawah. Ini terjadi akibat dorongan daya ledakan yang terjadi pada busi. Busi yang memercikan api menyebabkan dorongan tersebut.

4. Siklus keempat adalah langkah buang. Pada tahap ini, piston akan bergerak dari Titik Mati Bawah menuju Titik Mati Atas. Katup EX berada pada posisi terbuka. Selanjutnya gas sisa pembakaran secara otomatis terdorong keluar melalui saluran pembuangan.

Langkah Kerja Motor 2 Takmotor mesin 2tak

1. Siklus pertama adalah langkah isap. Pada siklus ini, piston akan bergerak dari TMB ke TMA. Hal ini akan menyebabkan masuknya bahan bakar dari kaburator ke komponen yang dituju, yakni ruang poros engkol yang terjadi pada bagian bawah torak. Sementara itu, langkah kompresi dan pembakaran terjadi pada bagian atas torak.

2. Siklus kedua adalah langkah buang. Melalui tahap ini, piston akan bergerak dari TMA ke TMB. Pada bagian atasnya, terjadi langkah buang yang dibarengi dengan usaha. Sementara itu, di bagian bawah torak dibarengi dengan langkah pembilasan. Dalam proses ini, bahan bakar baru yang masuk akan ditampung dalam ruang poros engkol. Selanjutnya, bahan bakar tersebut akan dikirim menuju ruang bakar melalui saluran bilas.

3. Pada motor 2 tak, bahan bakar yang dikeluarkan dari saluran pembilasan akan terdorong hingga mencapai posisi TMA. Ketika bahan bakar tersebut sudah mencapai posisi TMA maka piston pun akan menutup saluran pembuangan dan saluran pembilasan dengan sendirinya. Hal ini kemudian akan menyebabkan bahan bakar masuk ke saluran dibawah piston dan memicu tekanan silinder yang meningkat. Bunga api akan keluar dari busi dan menjadi letusan dengan sendirinya

Sumber : carageek.com

Cara Memasang Piston Ke Blok Motor 2 Tak

Source: https://minimotor.co.id/tag/mesin-2-tak

0 Response to "Cara Memasang Piston Ke Blok Motor 2 Tak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel